Jumat, 26 Oktober 2012

Kesimpulan Novel Menuju Titik Nol


Menuju Titik Nol

Karya Agatha Christie

Sebenarnya kehidupan suami istri Nevile dan Kay Strange bak selebritas. Nevile adalah pria bugar, petenis profesional walaupun pencapaian tertinggi hanya semifinal Wimbledon. Sedangkan Kay, tidak hanya cantik, tapi sangat cantik.
Mungkin bahagia karena bagi Nevile, ini adalah pernikahan kedua. Pernikahan pertama dengan Audrey kandas. Namun demikian Nevile tetap menjaga hubungan baik dengan mantannya itu. Bahkan ia merencanakan liburan bersama di Gull's point, sebuah rumah ditepi sungai milik ibu walinya, Lady Camilla Tressilian, di desa Saltcreek.
Mrs. Camelia Tressilian mengundang teman lamanya untuk makan malam di kediamannya, pria itu bernama Mr. Treves, pengacara senior yang dihormati di Inggris Raya mengungkapkan sebagai menuju titik nol. Tempat semua persoalan menuju titik akhir.  Mr. Treves menceritakan mengenai pembunuha yang dilakukan oleh seorang anak dibawah umur, anak yang tidak diketahui siapa namanya itu membunuh temannya ketika mereka berdua secara tidak sengaja melepaskan anak panah dari busur yang sedang mereka mainkan. Hakim memutuskan kematian temannya itu murni kecelakaan..
Esok harinya, Neville Strange berniat menceraikan  Kay Strange dan kembali pada Audrey Strange. Hal ini sangat mengejutkan semua orang, termasuk Mrs. Tressilian yang merupakan orang tua angkat Neville. Audrey menolak niat Neville, dan Kay sangat murka.
Beberapa hari kemudian suasana yang sudah kacau balau itu semakin bertambah kacau dengan ditemukannya mayat Mrs. Tressilian. Terbaring kaku di atas ranjang dengan luka-luka fatal yang diakibatkan oleh benda tumpul.
Dan memang jadi akhir dari hidup tuan rumah, Lady Tressilian. Beliau dibunuh dengan tongkat golf. Dan tertuduh yang paling mungkin adalah Neville Strange ternyata semua bukti yang mengacu pada keterlibatan Neville Strange atas pembunuhan Mrs. Tressilian adalah bukti rekaan yang sengaja disiapkan oleh seseorang untuk memfitnah dan menjebloskan Neville ke dalam penjara. Dan bukti-bukti kedua menyatakan bahwa orang yang memfitnah Neville Starnge adalah Audrey Strange, mantan istri Neville. Motifnya sudah jelas, sakit hati dan dendam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar